Saat Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis

Mungkin anda telah menyadari bahwa berwirausaha atau memiliki perusahaan sendiri adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan taraf hidup anda. Hal tersebut pasti mendorong keyakinan anda untuk berdikari membangun peluang usaha secara mandiri. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memulai membangun bisnis anda sendiri? Dirangkum dari pendapat Michael Lazerow (CEO of Buddy Media), berikut adalah saat-saat terbaik untuk mendirikan sebuah bidang usaha:
Waktu Terbaik adalah Selagi Anda Muda
Waktu yang terbaik untuk mendirikan sebuah kerajaan bisnis adalah ketika masih muda. Masa muda dipenuhi dengan semangat dan kreatifitas tinggi. Meskipun masih minim pengalaman dan sering mengambil keputusan keliru, namun pengalaman akan membuatnya lebih kuat di masa-masa mendatang.
Waktu Terbaik adalah Ketika Anda Tidak Menikmati Pekerjaan Anda Saat Ini
Jika anda merasa bosan, tidak enjoy, dan sering ingin lari dari pekerjaan anda, maka itulah saat yang tepat untuk mulai berpikir membangun peluang usaha anda sendiri. Apalah arti gaji yang besar bila anda tidak merasa bahagia dengan tugas-tugas pekerjaan anda. So, luangkan waktu malam anda untuk menyusun rencana dan strategi bisnis yang jitu.
Waktu Terbaik adalah Saat Anda Dipecat atau Keluar dari Perusahaan
Anda mungkin akan merasa sangat shock ketika mendapat surat PHK atau harus terpaksa keluar dari perusahaan. Hal tersebut pasti memaksa anda untuk intropeksi diri dan memeriksa semua aspek yang menyangkut kehidupan anda. Tapi optimislah, dan yakin bahwa saat itulah waktu terbaik untuk berwirausaha secara mandiri. Memang akan sangat terasa aneh tatkala harus beradaptasi dari kebiasaan sebagai pekerja menuju level menjadi calon big boss.
Waktu Terbaik adalah Jika Anda Bisa Fokus
Waktu yang terbaik untuk membangun sebuah perusahaan adalah ketika anda memiliki kesempatan untuk bisa fokus mengembangkan peluang usaha anda. Aspek fokus tersebut biasanya menyangkut tentang seberapa banyak tanggung jawab yang anda miliki. Semakin banyak jumlah tanggung jawab yang anda miliki (misal tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab pada urusan kuliah, tanggung jawab pada organisasi yang anda ikuti, dsb) akan membuat fokus anda terpecah belah, sehingga kurang tepat untuk memulai wirausaha. Jadi, ketika anda telah bisa memfokuskan diri pada peluang usaha anda, that is the best time to start your business!
Waktu Terbaik adalah Tatkala Anda Memiliki Obsesi yang Tak Tersembuhkan
Anda bekerja pada suatu perusahaan? Tapi anda selalu, selalu, dan selalu dihantui oleh ide-ide briliant anda untuk membangun sebuah konsep bisnis anda? Anda tidak bisa berkonsentrasi dan terobsesi menjalankan perusahaan atas kehendak anda sendiri? Jika itu terjadi, just get action to build your own business!
Waktu Terbaik adalah Ketika Anda Berada pada Level Intrapreneur
Entrepreneur artinya pengusaha, sementara intrapreneur adalah pengusaha profesional yang telah memiliki dan menerapkan kewirausahaanya serta berhasil dalam mengembangkan ide-ide baru yang inovatif untuk memanfaatkan berbagai sumber daya di perusahaan yang mapan dan kemudian mengambil resiko untuk membangun sebuah bisnis berbeda dengan yang sudah dijalankan. Pada tingkat ini, anda bisa memulai membangun bisnis anda sendiri.
Waktu Terbaik adalah Hari Ini
Banyak perusahaan besar yang awalnya dirintis di saat-saat perekonomian sedang suram. Oleh karena itu, jangan tunggu esok, seminggu, dua tahun, atau setelah anda memperoleh gelar sarjana. Do it now! Anda sebaiknya mencermati makna dari "The Power of Today", yakni jika hari ini anda lewatkan, maka kemungkinan 75%-nya akan terlewatkan selamanya! Jadi, segera cari peluang dan lakukan sekarang! Demikian uraian singkat tentang waktu yang paling tepat membangun sebuah bisnis, semoga menginspirasi anda.