Sebagai
pemilik usaha kecil, Anda harus menyadari pentingnya sebuah situs yang
representatif, yang mampu memberikan kemudahan akses serta informasi yang
lengkap bagi pengunjung kapan saja dan di mana saja. Kehadiran usaha kecil Anda
dalam bentuk online akan sangat membantu perkembangannya lebih lanjut dalam
berbagai aspek, seperti pemeliharaan hubungan yang baik dengan pelanggan,
penemuan kontak bisnis, dan
sebagainya. Singkatnya, memiliki sebuah situs adalah kebutuhan mutlak bagi
usaha kecil di era digital seperti sekarang.
Dengan
berdasarkan alasan di atas, bagi Anda pemilik usaha yang masih belum memiliki situs, kini
saatnya untuk merancang situs Anda sendiri. Sewa jasa profesional untuk dirikan
sebuah situs dan pastikan situs Anda memuat hal-hal berikut ini.
Deskripsi yang jelas dan mudah
dimengerti mengenai siapa Anda
Seseorang
yang tidak sengaja berkunjung ke situs Anda tidak harus melakukan
‘penyelidikan’ yang rumit hanya untuk menemukan siapa dan apa pekerjaan Anda.
Ini berarti Anda harus dengan jelas menyebutkan nama dan ringkasan produk atau
jasa Anda di halaman utama/ beranda (homepage).
Penguasaan dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization)
Anda tidak perlu menyewa jasa seorang praktisi SEO yang menggunakan trik-trik kurang menyenangkan untuk bisa menduduki peringkat 1 atau setidaknya berada dalam halaman pertama hasil pencarian. Cukup pastikan situs Anda terkode dengan baik dan benar. Dengan kata lain, Anda harus gunakan kata kunci yang sesuai yang tersebar di beberapa titik sepanjang teks, menempatkan beberapa tautan dalam jumlah yang wajar, memberi nama judul halaman dan URL dengan benar, dan tidak ketinggalan menggunakan gambar dan video sebagai pendukung.
*
Bagi tulisan menjadi paragraf-paragraf yang lebih singkat. Berikan judul kecil
sehingga lebih mudah menarik perhatian.
* Gunakan poin-poin dalam bentuk daftar
* Berikan penekanan pada kata-kata atau frase-frase penting
* Gunakan poin-poin dalam bentuk daftar
* Berikan penekanan pada kata-kata atau frase-frase penting
Intinya,
kesederhanaan dan warna dasar menjadi perhatian utama. Dan selalu ingat untuk
fokus pada konten yang ditayangkan, bukan hal-hal lain yang kurang penting yang
justru akan membingungkan dan membuat pengunjung meninggalkan situs Anda.
Alamat situs yang sederhana dan
masuk akal
Dalam
dunia web, berpikirlah sesederhana mungkin. Kesederhanaan akan memudahkan
pengunjung yang tidak memiliki banyak waktu untuk berpikir untuk mencerna
informasi lebih cepat dan efisien.
Usahakan
memilih domain yang sederhana dan benar-benar mencerminkan usaha Anda karena
domain berperan penting seperti merek. Inilah yang akan melekat dalam ingatan
konsumen. Berpikirlah dan tanyakan “Apa yang akan saya ketik untuk menemukan
informasi tentang usaha ini jika saya adalah seorang pengguna internet?” Dengan
menempatkan diri dalam posisi orang lain, Anda akan lebih mudah menemukan
alamat situs atau nama email yang mudah diketik (ejaannya simpel).
Utamakan
untuk memilih .com sebagai domain Anda karena akhiran itu yang paling lazim
ditemui dan paling diingat orang saat mengetikkan alamat situs di kotak
pencarian. Untuk organisasi nirlaba, direkomendasikan untuk menggunakan domain
.org sebagai merek. Patut dicamkan pula bahwa Anda perlu menghindari penggunaan
tanda hubung (dash) yang bisa membingungkan baik bagi pengguna internet dan
mesin pencari. Misalnya, jika Anda memilih nama domain usaha-saya.com, Anda
harus menerangkan setiap berbicara pada orang bahwa ada tanda hubung di antara
kedua kata itu. Itu tidak akan terjadi jika Anda memilih usahasaya.com. Selain
tanda hubung, penggunaan angka dalam nama domain juga sebaiknya dihindari.
Peta situs yang memudahkan
navigasi
Peta
situs berfungsi memberi gambaran umum tentang isi dan struktur sebuah situs.
Layaknya sebuah buku, peta situs ini adalah daftar isi atau indeks yang
memudahkan pembaca menemukan konten yang mereka perlukan. Selain itu, berikan
tautan yang jelas di laman-laman yang dianggap penting.
Pastikan
navigasi bisa dilakukan dengan mudah. Anda direkomendasikan untuk menggunakan
menu dropdown dalam navigasi sehingga pengunjung bisa melihat konten di bawah
setiap judul dari setiap laman situs yang termuat.
Informasi kontak yang mudah
ditemukan
Ini
mungkin menjadi salah satu poin paling krusial dalam situs usaha. Situs Anda
harus mempermudah orang lain menemukan dan menghubungi Anda. Situs bukan hanya
sebuah etalase informasi yang berfungsi sebagai pajangan semata, tetapi menjadi
papan informasi yang memuat informasi bisnis yang dibutuhkan. Banyak usaha kecil
tetap berskala kecil selama bertahun-tahun karena mereka kurang dapat
mengembangkan relasi bisnis dan kerjasama dengan pihak lain. Dan ini ialah akibat
dari sulitnya orang menemukan dan menghubungi mereka. Tidak semua pengunjung
situs memiliki tingkat kesabaran untuk menjelajahi setiap laman dalam situs
Anda.
Tempatkanlah
informasi kontak Anda di bagian kiri atas atau kanan atas di laman beranda. Akan
lebih baik juga untuk memuat informasi kontak di setiap laman situs, entah itu
di bagian kaki atau sisi kanan/ kiri atau sudut kanan atas. Intinya, tempatkan
sedemikian rupa agar orang mudah menemukannya.
Lalu
apa saja yang harus termuat dalam informasi kontak? Berikan alamat kantor,
nomor telepon atau seluler kantor, nomor fax, email bisnis, dan formulir kontak
standar. Atau berikan tautan menuju lokasi Anda di Google Maps. Dan mengingat
meningkatnya penggunaan jejaring sosial, tidak ada salahnya untuk membuat akun
khusus usaha di beberapa situs layanan jejaring sosial yang banyak dipakai
segmen masyarakat yang menjadi target Anda. Singkatnya, jadilah fleksibel
dengan menyediakan banyak opsi untuk menghubungi Anda. Dengan lebih banyak
pilihan untuk menjangkau Anda, akan semakin meningkat pula peluang usaha Anda dikenal orang dan berkembang di
kemudian hari.
Kesaksian pelanggan
Tidak
ada yang seampuh metode dari mulut ke mulut dalam meningkatkan popularitas dan penjualan
suatu produk atau jasa. Kata-kata jujur dari pihak lain membantu produk atau
jasa Anda lebih kredibel di mata pengunjung situs. Kepercayaan pelanggan pada
usaha Anda akan meningkat, ini terutama akan sangat membantu mengangkat nama
sbuah usaha baru. Kesaksian semacam ini juga membantu orang yang tengah
berbelanja untuk memutuskan apakah produk atau jasa mereka memenuhi kebutuhan
atau tidak. Orang-orang selalu senang mendengarkan pengalaman nyata orang lain
dalam menggunakan sebuah produk atau jasa. Kesaksian konsumen juga memberikan
perspektif segar dari sudut pandang konsumen.
Konten berkualitas yang segar
Bagi
banyak usaha, situs menjadi tolak ukur kesan pertama bagi seorang pelanggan.
Anda ingin memberikan pengunjung situs apa yang mereka butuhkan dan mungkin
memberikan mereka alasan untuk kembali lagi.
Pastikan
pula konten yang disuguhkan adalah konten yang orisinal, ditulis dengan baik
dan memiliki manfaat nyata.
Anda
juga bisa tambahkan blog sebagai alternatif untuk berikan nuansa segar dalam
situs yang kaku. Blog juga akan berikan ciri khas kepribadian sebuah usaha
dengan bahasa yang lebih cair.
Seruan untuk bertindak
Beritahukan
para pengunjung situs untuk melakukan sebuah tindakan nyata seperti menghubungi
Anda via email untuk rapat kerjasama bisnis, mendaftar untuk berlangganan
pembaruan terbaru di situs Anda, mengikuti kabar terbaru usaha Anda di jejaring
sosial, mendaftar untuk dapatkan kupon/ diskon secara online, atau menambahkan
produk ke dalam keranjang belanja virtual (jika situs Anda juga menawarkan
fitur jual-beli online).
Platform hosting yang aman